Saya selalu melihat pelajaran untuk sepak bola Singapura di liga sepak bola Inggris, dan banyak yang bisa dipelajari dari mereka.
Tim lapis kedua Championship Leeds United akan kembali ke papan atas sepakbola Inggris musim depan (Leeds siap melambung sekali lagi, 20 Juli).
Bahwa penggemar Leeds United telah dengan gigih mendukung klub mereka meskipun bertahun-tahun kurang berprestasi – klub masuk ke administrasi dan terdegradasi ke tingkat ketiga sepakbola Inggris pada tahun 2007 – menunjukkan pentingnya penggemar untuk kesuksesan dan daya tahan klub, dan keterlibatan penggemar jelas merupakan bagian besar dari itu.
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan perangkat lunak intelijen hubungan pelanggan Kanada Vision Critical, misalnya, tim olahraga perlu meningkatkan permainan mereka untuk lebih efektif melibatkan penggemar mereka – hanya sepertiga dari penggemar yang ditemukan setuju bahwa tim olahraga yang mereka dukung benar-benar melibatkan mereka dengan mendengarkan pendapat mereka.
Melibatkan para penggemar adalah penting karena itulah yang memungkinkan tim olahraga untuk mengukur dan meningkatkan nilai merek, untuk mengembangkan citra merek yang beresonansi dengan para penggemar, dan merupakan pendorong di balik kehadiran di stadion dan penjualan tiket dan barang dagangan.
Konsultan internasional Gensler juga menemukan bahwa tim olahraga harus terhubung dengan para penggemar lebih dari sekadar pengalaman hari pertandingan yang hebat – misalnya, melalui aplikasi dan bentuk keterlibatan online sepanjang waktu lainnya, dan dengan memberi penggemar sesuatu yang bisa dibanggakan, yang bisa menjadi stadion hebat dengan getaran positif atau memberi kembali kepada komunitas lokal.
Fans ingin dilibatkan oleh tim olahraga mereka pada tingkat pengambilan keputusan yang lebih dalam, dan ingin memiliki suara tentang hal-hal yang berkaitan dengan tim dan masalah terkait permainan.
Penggemar sepak bola Singapura telah lama menyatakan bahwa mereka ingin mengalami lebih banyak keterlibatan dari liga (Fans ingin melihat lebih banyak keterlibatan, 6 November 2018).
Seperti yang telah diartikulasikan oleh pelatih sepak bola nasional Tatsuma Yoshida, kami berada di tim yang sama (Yoshida memuji pekerja garis depan sebagai ‘Lions’, 27 Maret), dan dengan dimulainya kembali musim Liga Premier Singapura yang akan segera berlangsung, sepak bola Singapura dapat tumbuh dari kekuatan ke kekuatan dengan dukungan tegas dari penggemar yang senang dan terlibat penuh sebagai orang ke-12 dalam tim.
Woon Wee Min
Leave a Reply